Cara mudah sharing printer di windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10


Sharing printer adalah cara untuk membuat printer agar bisa digunakan secara bersama-sama dalam satu segmen jaringan intranet. Printer cukup diinstal di satu komputer dengan benar, sementara komputer lain jika mau melakukan print cukup memilih pilihan ip komputer yang ada printer nya untuk melakukan print document.

Syarat untuk komputer agar bisa melakukan sharing printer adalah sudah terkoneksi dengan jaringan local dengan baik. Untuk mengecek apakah masing-masing komputer terhubung dengan baik kita bisa menggunakan cmn kemudian melakukan ping pada ip masing-masing kompuer. Jika ping time nya sudah repy tersambung dengan baik maka printer dipastikan bisa melakukan sharing printer.

Sharing Printer Windows


Berbagai versi sistem operasi windows mulai dari xp, windows 8, windows 7 dan windows 10 bisa dilakukan sharing printer. Yang membedakan hanyalah apabila windows dengan versi 64 bit akan tidak bisa langsung melakukan add printer dari windows 32 bit. Solusianya kita harus melakukan instalasi terlebih dahulu driver printer pada windows 64 bit agar bisa mengkonekkan ke komputer windows 32 bit yang ada instalasi printernya.

Sharing printer windows 7 kita lakukan dengan cara pertama install dulu printer pada komputer yang akan disharing dengan baik. tesprinter untuk memastikan printer bisa ngeprint. Klik pada control panel - hardware and sound - devices and printer - klik kanan pada printer yang dimaksud - printer properties - sharing - check pada checkbox share this printer - tekan ok. Kita cari tahu ip komputer kita dengan cara buka aplikasi cmd - ketik ip config - lihat pada bagian ipv4 terdapat tulisan (biasanya ip yang digunakan type jaringan c) yaitu 192.168.x.x misalnya ip komputer yang ada instalan printer nya 192.168.10.1

Computer lain yang akan sharing ke printer windows 7 tersebut hanya perlu mengconeck driver printer melalui jaringan dengan cara membuka windows explorer - masukkan ip komputer tujuan - masukkan user password komputer tujuan (username komputer untuk masuk windows) - akan tampil printer yang disharing - tekan 2 kali pada printer yang akan diconnect kan, selesai. Tes hasil printer dengan melakukan print document dan pilih ipcomputer yang ada printernya.

Sharing Computer Windows

Sharing printer windows xp hampir sama dengan windows 7 langkah-langkah yang bisa kita lakukan seperti langkah-langkah di atas. Yang berbeda adalah tampilan nya saja. Di windows xp untuk install driver printer biasanya tidak sama dengan driver printer yang digunakan windows 7 jadi downlad terlebih dahulu driver printer untuk windws xp

Sharing printer windows 10 juga sama dengan cara diatas. Kita juga bisa melakukan sharing printer dengan berbera sistem operasi antara windows xp,7 atau 10 selama masih menggunakan segmen ip yang sama. Dengan menggunakan sharing printer kita lebih mudah untuk melakukan printer document tanpa instal driver dan memindah mindah lokasi kabel usb pada masing-masing komputer yang akan melakukan print document.

0 Response to "Cara mudah sharing printer di windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel