Aplikasi scan barcode efaktur dan produk menggunakan PHP

Scan barcode diperlukan untuk mengambil id dari barcode yang tercetak dan mengambil inforamsi yang ada didalamnya sesuai dengan keperluan. Scan barcode yang umum yaitu dengan menggunakan alat barcode reader yang tersambung ke pc atau laptop. Bisa juga kita melakukan scan barcode dengan HP untuk verifikasi data. Dengan scan barcode proses entry transaksi barang menjadi lebih cepat dan mengurangi human eror.




Scan barcode dengan alat scan yang terhubung ke pc hanya dapat membaca isi informasi dari barcode tersebut. Scan barcode efaktur hanya bisa menampilkan isi dari nomor faktur. Scan barcode maps menampilkan informasi posisi lokasi kita biasanya digunakan di smartphone untuk lokasi undangan. Scan barcode wa digunakan untuk verifikasi data wa kita untuk terhubung ke pc. Scan produk untuk mengetahui kode barang yang akan dilakukan transaksi penjualan atau pembelian. Selanjutnya kita bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk kebutuhan kita. Seperti memasukkan data pada tabel di database untuk transaksi penjualan atau pembelian barang.   

Untuk mengambil informasi dari scan barcode kita bisa membuat aplikasi sederhana yang akan menyimpan informasi barcode tersebut kedalam sebuah database. Ketika barcode discan dengan alat scan, tulisan barcode tersebut akan tersimpan otomatis ke database mysql dan akan ditampilkan dibawah text input nomor tersebut. Biasanya aplikasi seperti ini digunakan untuk melakukan scan barcode pada aplikasi penjualan barang, juga digunakan untuk scan nomor undian pada aplikasi undian berhadiah.

Langkah-langkah untuk membuat aplikasi ambil hasil scan barcode menggunakan bahasa PHP adalah sebagai berikut :
  1. instal xampp, hidupkan apache dan mysql
  2. Download aplikasi ambil hasil scan barcode disini
  3. Extrac di direktori webs erver, secara default berada di C:\xampp\htdocs\
  4. Buat mysql database menggunakan phpmyadmin, caranya buka browser ketikkan url http://localhost/phpmyadmin - buat databse baru bernama : barcode
  5. Pilih databse barcode - import file - cari file barcode.sql di C:\xampp\htdocs\s_barcode\ - tekan OK
  6. jalankan aplikasi dengan cara buka browser ketikkan url http://localhost/s_barcode/
  7. Akan tampil tampilan aplikasi seperti di bawah. Apabila ada alat scan bisa langsung dicoba melakukan scan data barcode pada aplikasi ini data akan tersimpan di databsae mysql dan akan ditampilkan dilist dibawah kotak pencarian nomor.
  8. Untuk menghapus data masuk di phpmydmin - pilih database barcode - tuliskan perintah : truncate table scan ok
Mengambil nilai dari barcode scan

Dengan aplikasi ini kita bisa memanfaatkan informasi dari scan barcode menjadi sebuah procedure untuk memasukkan data didatabase kita secara langsung. Prosedur ini bisa digunakan untuk transaksi penjualan atau pembelian barang. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Aplikasi scan barcode efaktur dan produk menggunakan PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel