Aplikasi cetak barcode dengan PHP

Cetak Barcode digunakan untuk memberi label yang berisi informasi id uniq kepada entitas (benda,orang,dll) agar tidak terjadi kesalahan dalam memasukkan data entitas tersebut. Barcode sering ditempel di produk makanan atau minuman yang diproduksi oleh pabrik sebagai penanda merk dari barang tersebut. Kita sering menjumpai di berbagai supermarket barcode dimanfaatkan untuk scan barang saat melakukan transaksi pembelian. Hal ini sangat menguntungkan karena pelayanan penjualan kepada customers menjadi lebih cepat. Manfaat scan barcode bagi pihak penjual adalah meminimalisasi terjadinya kesalahan saat memilih barang ketika transaksi penjualan barang.


Membuat aplikasi cetak barcode sendiri dengan PHP


Kita bisa mencoba melakukan cetak barcode secara online di internet. Dengan menggunakan google kita ketik cetak online barcode akan banyak bermunculan situs yang menyediakan layanan untuk cetak barcode kita hanya perlu memasukkan variabel yang akan digunakan ditampilan barcode kita tersebut misalnya nomor urut dan nama barang. Namun apabila data kita mau mencetak banyak barcode cara ini akan banyak memakan waktu kita karena harus online dengan internet. 

Selain online kita bisa membuat barcode sendiri dari aplikasi microsoft exel. Kita buka exel terlebih dahulu kita ketik list data untuk barcode di row exel setelah selesai copi kolom yang berisi data dari atas kebawah ko kolom lain. Kemudian klik kanan format barcode. data yang kita isikan tadi dengan otomatis akan berubah menjadi bentuk barcode. Format barcode yang dicetak dari exel adalah format 126 yang panjang karakternya, sehingga memilki kelemahan saat discan terkadang karakter yang muncul tidak sama dengan karakter yang tertulis dibarcode.

Cara yang lebih baik adalah dengan membuat aplikasi cetak barcode sendiri

Aplikasi cetak barcode dan qrcode bisa kita buat dengan menggunakan bahasa pemrograman php. Yang harus dipersiapkan pertama kali adalah aplikasi apache untuk mengeksekusi file .php yang akan kita buat. Yang belum instal apache direkomendasikan untuk instal aplikasi xampp pada pc atau laptop kita dan menghidupkan apache di xampp control panel sebagai webserver kita.

Download aplikasi cetak barcode sendiri dengan PHP disini
Kemudian extrack file didirektori server jika memakai xampp letaknya adalah secara default di direktori C:\xampp\htdocs\(folder c_barcode). Jalankan web browser bisa dengan menggunakan mozila forefox atau google chrome kemudian ketikkan almat url : http://localhost/c_barcode/ jika tidak ada kendala maka akan tampil halaman index.php seperti gambar dibawah.

Kita isikan nomor dan nama yang akan dibuat barcode, pilih jenis barcode : barcode atau qrcode dan tekan cetak. Maka otomatis akan tercetak barcode atau qrcode ukuran kertas barcode 4x3 cm. seperti gambar dibawah.



Untuk mencetak barcode direkomendasikan dengan printer thermal. Bisa merek TCP atau Zebra, hal ini karena kertas yang digunakan adalah kertas khusus roll bukan kertas biasa untuk hasil yang optiomal. Printer thermal juga memiliki kelebihan mudah untuk diganti kertasnya dan jarang trobel sehingga bisa mempercepat pelayanan.




Cetak barcode dengan printer biasa dari aplikasi ini juga bisa dilakukan. Namun kita harus memotong lagi hasil cetak nya sesuai dengan ukuran barcode tersebut. Sering kali ketika mencetak barcode dengan printer biasa dan menggunakan kertas bekas yang sisa maka kertas akan nyantol didalam printer dan menghambat pekerjaan kita.

0 Response to "Aplikasi cetak barcode dengan PHP "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel