Memasang jaringan dan koneksi internet antar komputer sederhana

Jaringan komputer berfungsi untuk mengintegrasi fungsi komputer pada suatu lokasi.Manfaat menerapkan jaringan ini pada komputer adalah bisa tukar menukar file atau sharing data, bisa berbagi penggunaan printer, scanner dan bisa memakai internet secara bersama-sama.



Jaringan komputer adalah salah satu cara untuk menghubungkan beberapa peralatan (misalnya : komputer, hp, printer, scanner) dalam satu ip address. ip address yang digunakan harus sama misalnya kita mempunyai ip address kelas C dengan nomor ip 192.168.10.1 maka untuk komuter yang lain kita beri ip satu segmen yakni 192.168.10.2 dan seterusnya.

Untuk membangun jaringan komputer dan internet diperlukan beberapa peralatan sederhana diantaranya :
  1. Kabel Jaringan dan Konektornya RJ45
  2. Hub (terminal antara masing-masing kabel jaringan)
  3. Modem Speddy (untuk koneksi internet)
  4. PC 

Langkah pertama yaitu tentukan letak masing-masing komputer pada lokasi yang diinginkan. Potong kabel jaringan sesuai dengan kebutuhan direkomendasikan kabel ditaruh disamping atau diatas tembok jangan diletakkan dibawah agar tidak rusak. Jika perlu tutuplah kabel dengan penutup kabel agar rapi.

Pasang konektor pada ujung kabel jaringan dengan cara kupas sedikit ujung bungkus kabel jaringan sekitar 3cm kemudian tata susunan kabel menjadi urutan :
  • Putih Orange - Orange
  • Putih Biru - Hijau
  • Putih Hijau - Biru
  • Putih Coklat - Coklat
Tarik ujung kabel secara sejajar dan potong ujung kabel menggunakan tank cramping atau menggunakan gunting. Masukkan kabel pada konektor jaringan dan tekan menggunakan tank cramping. Lakukan pada masing-masing ujung kabel.

Tes kabel jaringan yang telah terpasang konektor RJ45 menggunakan tester jaringan. pastikan semua lampu pada konektor menyala untuk memastikan pemasangan konektor berhasil dan bisa digunakan dengan baik.

Pasang masing-masing kabel pada komputer ke hub, acces point ke hub dan modem ke hub.

Kedua berikan ip address pada masing-masing komputer yang terkoneksi kabel jaringan dengan cara masuk ke control panel - network and sharing center - change adapter setting - klik 2x pada ether net - properties - klik 2x pada internet protocol versi 4 - isikan ip address seperti gambar dibawah.

Isikan kolom pada IP address dengan isian ip type C dimulai dari 192.168.10.1
Default Gateway isi dengan ip modem defaultnya 192.168.1.1
DNS isi dengan DNS google 8.8.8.8

Lakukan ping antar komputer untuk memastikan jaringan sudah tersambung dengan bernar dengan cara buka cmd kemudian ketik perintah "ping (ip tujuan) misalnya 192.168.10.1" apabila muncul gambar reply seperti di bawah berarti jaringan komputer yang kita pasang telah berhasil dan siap digunakan.



0 Response to "Memasang jaringan dan koneksi internet antar komputer sederhana "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel