Cara mudah mengatasi keyboard rusak pada pc dan laptop

Keyboard rusak sering dialami oleh pengguna pc dan laptop. Penyebab keyboard rusak terutama karena terkena tumpahan benda cair seperti air. Pada keyboard pc terdapat dua macam port koneksi yaitu ps2 dan usb. ps2 mempunyai bentuk bulat lonjong pada ujungnya dan kebanyakan berwarna ungu. sedang usb berbentuk pipih seperti halnya usb untuk penyimpanan data.

Mengatasi keyboard rusak

Aktifitas pengetikan yang terlalu sering bisa menyebabkan keyboard rusak sebagian pada hurufnya. Kebanyakan yang rusak adalah huruf vokal yaitu : A-I-U-E-O. Sebagai antisipasi belilah keyboard dengan bentuk yang agag lunak misalnya keboard merk logitech. Apabila keyboard kita berjenis keyboard lama yang berukuran besar dan berat kita usahakan agar jangan sampai terkena tumpahan benda cair dan jangan sampai jatuh dari atas meja ke tanah.

Beberapa kasus ditemukan keyboard rusak karena virus, namun hal ini sangat jarang terjadi karena virus hanya menyerang diperangkat lunak/sofwate bukan di hardware. Cara untuk mengatasi ini sangat mudah sekali kita tinggal cabut dulu keyboard kita di pc, kemudian restar pc kita. Setelah restart biasanya keyboard akan kembali normal.

Keyboard laptop rusak disebabkan selain karena faktor diatas juga karena kondisi harware dari laptop sudah agag rusak. Namun yang membedakan antara keboard laptop dan pc adalah posisinya yang onboard untuk memsatikan kerusakan nya harus memuka casing gan mencabut kabel konektor keyboard dari dalam.

Keyboard rusak pada laptop yang terjadi setelah melakukan presentasi memakai proyektor dengan koneksi VGA bisa kita atasi dengan menekan secara bersamaan tombol pada keyboard tombol Shift + Insert. Setingan keyboard akan kembali ke asalnya jika kita melakukan hal tersebut.

Langkah pertama yang bisa perbaiki apabila terdapat keyboard rusak kena air yaitu dengan mencabut konektor keyboard dari pc dan membersihkan badan keyboard dengan kain yang kering, kemudian mengeringkan keyboard pada panas matahari atau dengan hairdryer. Apabila dengan cara ini masih tidak bisa terselesaikan berarti keyboard telah mengalami kerusakan komponen elektronik yang ada didalam ic nya.


Terdapat software yang bisa kita jalankan untuk memperbaiki keyboard rusak 1 huruf dengan mengganti fungsi tombol angka tersebut dengan huruf lain nya. Kita bisa mendownload software terebut dari google dengan keyword : repair keyboard tools.

Keyboard adalah piranti pembantu pada pc dan laptop untuk menulis. Cara termudah untuk menjaga kondisi keyboard pada pc atau laptop adalah jangan menaruh benda apapun baik padat atau cari di atas keyboard. Karena piranti lunak didalam casing keyboard akan sensitif terhadap kerusakan apabila satu tombol rusak bisa menyebabkan tombol yang lain mengalami kerusakan juga.

0 Response to "Cara mudah mengatasi keyboard rusak pada pc dan laptop "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel