Aplikasi tabungan siswa berbasis web dengan php

Aplikasi tabungan siswa ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan sekolah dalam melakukan pencatatan data tabungan siswa. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan bagian tata usaha tidak lagi menggunakan cara manual untuk merekap data tabungan siswa karena rawan akan kesalahan.
Tabungan siswa

Proses bisnis aplikasi tabungan siswa ini sangat sederhana dan simpel. Yaitu siswa yang mau menabung diwajibkan membawa buku tabungan yang telah dicetak secara khusus oleh pihak sekolahan dengan format lembaran. Pada lembar tersebut berusia informasi nama siswa kelas alamat beserta kolom kolom untuk mencetak tanggal dan jumlah tabubungam nya.

Buku tabungan tersebut kemudian diterima oleh bagian tata usaha atau admin. Admin kemudian memasukkan data tabungan siswa pada aplikasi dan memasukkan lembaran buku tabungan tersebut pada printer LX.300 dpt matrik. Dan melakukan print out data tabungan sementara milik siswa tersebut.

Yang tercetak pada buku tabungan adalah tgl pencatatan, keterangan pencatatan, nominal yang ditabung dan summary keseluruhan tabungan siswa tersebut. Data yg tercetak juga akan pas pada record dibiku abungan yang telah diserahkan. Seperti ketika kita melakukan transaksi di bank menggunakan buku tabungan. Apabila sudah penuh pada lembaran tabungan yang pertama. Admin akan memberikan lembaran tabungan yang baru yang akan melanjutkan dari informasi tabungan yang lembar pertama.

Report pada aplikasi tabungan siswa akan otomatis kembali ke baris pertama apabila siswa berganti buku tabungan. Informasi yang dicatat di sistem tabungan siswa ini adalah informasi pemasukan keuangan tabungan siswa dan pengeluaran / penarikan uang siswa. Keterangan menjadi hal yang wajib diisi saat akan mengeluarkan uang dari tabungan siswa tersebut. Keterangan juga akan menjadi histori bahwa telah terjadi penarikan pada yanggal tersebut oleh siswa atau orang tua siswa.

Aplikasi ini menggunakan browser seperti mozila Firefox atau google chrome untuk menjalankan nya dan menggunakan database mysql untuk penyimpanan datanya. Kesemuanya bisa kita instal menggunakan aplikasi XAMPP yang sudah menyediakan versi download nya di situsnya. XAMPP adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis website.

Persiapan yang harus kita beli untuk bisa menjalankan aplikasi tabungan siswa berbasis website ini adalah 1 set komputer dengan spesifikasi prosesor dual core dan harddisk minimal500hg memeroy minimal2 GG. Seperangkat komputer yakni dengan monitor,keyboard dan mouse kita butuhkan untuk memasukkan data di aplikasi ini.

Printer juga kita butuhkan untuk mencetak list data tabungan siswa. Rekomendasi kita menggunakan printer dpt metrik lx310 untuk hasil yang persisi dan optimal sesuai dengan setingan kertas cetak nya. Batas maksimal baris pencetakan adalah 50baris. Tergantung seberapa sering siswa melakukan tabungan.

Hasil dari aplikasi juga bisa ditampilkan dalam format ms Exel. Dengan rangge tanggal yang dipilih. Dari tanggal awal berapa hingga tanggal akhir berapa. Data akan otomatis tersimpan di download apabila kita mendownload rekapan tabungan siswa dari aplikasi ini.

Tertarik menggunakan aplikasi tabungan siswa. Silahkan menghubungi masmutok.com di nomer wa.081330715130 untuk mendapatkan source code nya dan cara instalasi nya.

0 Response to "Aplikasi tabungan siswa berbasis web dengan php"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel