Memperbaiki pc mati mendadak dengan mudah dan tepat

PC mati mendadak ketika sedang dipakai menyebabkan beberapa orang yang kaget dan kuatir akan kondisi dari pc yang dimilikinya. Banyak faktor yang menyebabkan pc mengalami hal mati mendadak, diantaranya : terputusnya aliran listrik dari luar atau dari dalam, kinerja power suply sudah menurun dan minta diganti, konektor power dalam pc bermasalah dan terakhir kerusakan dimotherboardnya. Beberapa langkah dibawah ini bisa kita lakukan apabila terjadi kondisi pc mati mendadak.



power suply pc

Cek Aliran listrik dengan cara lihat apakah power monitor atau LCD masih menyala. Apabila tidak menyala berarti ada ganggunan listrik dari stop kontak. Lihat pada bagian stop kontaknya mungkin terjadi konsleting listrik jika rusak ganti stop kontak dengan yang baru. Bila monitor hidup berarti listrik normal kita coba cabut kabel power yag menempel ke pc dan menancapkanya lagi. Terkadang dengan cara sederhana seperti ini komputer berhasil nyala kembali.

Ganti kabel power pc dengan kabel power yang lain. Kita bisa menggunakan kabel power milik monitor apabila sama colokan nya. Kemudian kita tekan tombol power pada pc. Kemungkinan power ke pc tersenggol apa kurang pas tertancap di casing pc. Jika kondisi masih sama kita bisa lanjutkan dengan cara berikutnya.

Copot kabel power dibelakang pc dan buka casing pc. Cabut kabel power dari power supply ke motherboard dan pasang kembali ke motherboard. Terdapat dua kabel power dari power supply ke motherboard. Kita cabut kedua nya dan tancapkan kembali. Kita juga cabut memori yang ada dari slotnya kemudian bersihkan dengan menggunakan penghapus atau kuas dan pasang kembali ke tempatnya di motherboard. Pasang kembali kabel power dan nyalakan tombol power pada pc.

Pada konisi normal dengan cara diatas pc akan nyala kembali dengan normal. Karena arus listrik yang terhambat sudah lancar kembali. Apabila pc masih belum bisa nyala berarti ada kemungkinan rusak di power spply. Kita membutuhkan powersupply dari komputer lain untuk melakukan percobaan. Jika cara ini belum juga berhasil ada baiknya kita cek kondisi pc kita ke tugas service yang ada dilingkungan sekitar kita.

0 Response to "Memperbaiki pc mati mendadak dengan mudah dan tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel