Membatasi bandwith jaringan dengan simple queues di miktorik

Membatasi bandwith jaringan diperlukan apabila sering terjadi error saat melakukan koneksi internet. Umumnya masalah ini terjadi pada saat internet dari modem digunakan oleh banyak user secara bersama-sama, sehingga overload penggunaan.

Mikrotik ROuter RB750

Error sangat jelas terlihat ketika kita melakukan ping antara modem internet dengan router (mikrotik) atau dengan PC. Ping adalah cara untuk melihat koneksi antara device yang tersambung dalam satu jaringan LAN. Kita bisa melakukan ping dari komputer ke modem internet dengan mengetikkan peritah dari command promt : ping - (alamat ip modem) jika terlihat terlihat banyak tulisan request time out berarti batas bandwith pada jaringan sudah melebihi kapasitas.

Untuk mengatasi eror trobel pada jaringan di atas kita bisa menggunakan cara yang sederhana, yaitu dengan membatasi bandwith jaringan dengan simple queues di mikrotik. Mikrotik adalah salah satu alat yang bisa digunakan sebagai router/pembagi paket jaringan pada sebuah sistem jaringan LAN. Dengan menggunakan mikrotik alur data antar komputer menjadi lebih cepat didistribusikan dan dipaketkan.

Langkah-langkah untuk membuat simple queues di miktorik adalah sebagai berikut :

Pertama
Login di winbox, masukkan alamat url mikrotik, kemudian isikan username dan password. Untuk mengetahui alamat url mikrotik lihat dibagian belakang alat mikrotik biasanya tertera disitu. Misalnya alamat mikrotik adalah 192.168.10.254 kita isikan diwinbox url mikrotiknya seperti itu. Kemudian login.

Kedua
Masuk kemenu Queues - pilih Simple Queues isikan data seperti gambar di bawah ini.


Pada kolom Name : tuliskan nama yang akan kita gunakan
Target Address : isikan ip kelas C yaitu 192.168.0.0/16
Max limit : isikan upload = 100M  download = 100M

Jika sudah selesai tekan OK, akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Simple Queues dengan mikrotik

Sebagai test kita coba ping ip modem dari mikrotik dan ip google untuk internet.

Ping ip modem
Jika muncul keterangan reply seperti diatas berarti masalah kita sudah terselesaikan. Jika belum kita pastikan apakah setingan nya sudah benar seperti di atas. Cek lagi dengan teliti ya.

0 Response to "Membatasi bandwith jaringan dengan simple queues di miktorik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel